Try-out Question (3)

.
(topic: attention)
Anda akan membuat poster publikasi acara di kampus. Menggunakan salah satu teori atensi, ceritakan apa saja (hanya satu juga boleh) yang akan anda pertimbangkan (bukan berarti anda menggambar) tentang poster tersebut!

Note:
1. All questions are sample
2. It is more important to acquire the answering-skill than information-collecting-skill.
3. We have one week to do so.
4. Feel free to write your own original answer (in comment field)
5. Feel free for everyone to ask and comment on anyone's answer
6. Ewa and I will try to guide our discussion.
7. Good luck with all your mid-term exams.



3 comments:

Unknown said...

Berdasarkan teori atensi visual selective reading, maka aspek yang dipertimbangkan adalah "space" poster:
• space dalam hal pemilihan tempat strategis dipasangnya poster supaya bisa dilihat dengan mudah oleh para mahasiswa; dan
• space dalam kaitannya dengan panjang dan lebar poster supaya mampu memuat ukuran huruf yang besar tapi dengan kata-kata yang efekif dan familiar agar masih bisa dibaca dalam radius tertentu sehingga kemungkinan mendapat atensi dari para mahasiswa besar dan informasi tersampaikan.

- Sri Gunarti -

Anonymous said...

Terkait dengan location based attention dimana dikatakan bahwa segala sesuatu yang terletak di area penglihatan kit akan terlihat lebih jelas dibandingkan dengan obyek yang berada di luar area penglihatan kita. Secara harafiah, analisa saya mengacu pada letak mata kita dimana sebaiknya pesan utama / obyek utama poster terletak di rata-rata eye level orang pada umumnya.

Terkait dengan suatu penelitian 'eye tacking' pada persepsi visual manusia di buku The Human Brain by Rita Carter dikatakan bahwa penggunaan obyek wajah manusia yang sedang melakukan sesuatu (mulut terbuka, tangan menunjuk, wajah tersenyum, mata menatap, dsb tampak paling besar menarik perhatian orang untuk melihat. Hal ini terkait dengan fungsi otak yang lebih besar pada hal sosial kita sebagai manusia.

Soerang ahli poster mengatakan bahwa poster yang baik harus terdiri dari 20-25% text, 40-45% grafis and 30-40% empty space. PAstinya terkait dengan obejct dan location based sehingga pada suatu poster biasanya akan lebih mudahkita ingat bila gambar yang mengungkapkan pesan ketimbang kata-kata yang terlalu banyak, tapi saya belum menemukan teorinya yang tepat yang kira-kira mengatakan bahwa gambar mendapat perhatian lebih besar ketimbang kata-kata. Mungkin ada yang bisa membantu ???

-Alvieni-

Anonymous said...

Atensi: Pemrosesan secara sadar sejumlah kecil info dari sejumlah besar info yang tersedia. Info didapat dari penginderaan, ingatan, dan proses kognitif lain.

Visual attention dapat digunakan untuk membuat poster yang merangsang target viewer agar mengarahkan pandangan kepadanya, karena ia menarik bagi mereka secara kognisi.
Poster yang menarik perhatian membutuhkan elemen yang dapat membuat terjadinya proses atensi otomatis (spontan, tidak melibatkan kesadaran). Buku Psychology Ciccarelli-Meyer halaman 197 memberikan contoh, bahwa orang lebih memberi perhatian pada orang yang mereka lihat mirip dengan mereka dan / atau orang yang mereka anggap atraktif. Jika target poster adalah untuk dilihat mahasiswa, sebaiknya poster diberikan gambar seorang atau sekumpulan mahasiswa yang tergolong atraktif. Diharapkan gambar itu berhasil memancing atensi otomatis bagi viewer untuk melihat lalu membaca info yang tertera.

Sebagai tambahan, background foto diberikan satu warna dasar yang menyolok dan informasi yang diberikan berupa tulisan yang singkat tapi jelas mengenai acara yang akan diadakan.

Martha Emma F.

Post a Comment